Jumat, 17 Juni 2011

Cangkir kosong

Suatu hari seorang guru mengundang muridnya  berkunjung kerumahnya untuk minum teh di sore hari. Mereka berbincang-bincang berbagai hal, sampai tibalah waktu bagi mereka untuk meminum teh. Sang guru pun menuangkan teh kedalam cangkir muridnya diiringi senyuman manis dari sang murid. terus menerus sang guru menuangkan teh, bahkan saat cangkir tersebut telah penuh pun, guru tersebut tak kunjung berhenti menuangkan tehnya, hingga teh itu pun luber dan tumpah ke lantai.

Melihat itu, senyuman manis sang murid seketika menghilang digantikan oleh kerutan di dahi. Dengan perasaan yang campur aduk, sang murid pun akhirnya bicara, "guru, anda harus segera berhenti menuangkan tehnya, cangkir itu sudah tidak dapat menampung lagi."  sang guru lalu menjawab, "kamu cermat sekali. Hal ini pun berlaku bagimu, bila ingin menerima ilmu yang bermanfaat dari saya, kamu harus terlebih dahulu mengosongkan isi cangkirmu."

Anda tersedak?? :) pesan moral yang dapat kita ambil dari cerita tersebut adalah, terkadang kita harus memiliki kemampuan untuk belajar melepaskan apa yang telah kita ketahui untuk mempelajari sesuatu. 

Sebagai manusia tentunya kita terlahir sebagai seorang pembelajar yang tak henti - hentinya mempelajari banyak hal, bahkan seseorang yang telah memiliki banyak ilmu dan pengalaman pun, tidak sedikit yang mempunyai guru ataupun mentor untuk memenuhi kebutuhan untuk terus belajar. Namun disamping itu semua, efektif tidaknya kita belajar tergantung dari cara kita menyikapi proses pembelajaran tersebut. Ketidak sediaan untuk mengosongkan cangkir kita, hanya akan menghalangi kita untuk menerima suatu pelajaran ataupun hal baru yang mungkin sangat berharga bagi kita. Merasa telah mengetahui banyak hal, dan mengutamakan ego dalam menyikapi proses pembelajaran, tanpa kita sadari telah menjadikan kita layaknya sebuah cangkir penuh yang tak layak untuk diisi lagi. 

Sebagai penutup, adalah sebuah ungkapan yang tak jarang kita dengarkan namun sering kita lupakan,,


"diatas langit masih ada langit"

Selamat pagi, Salam Inspiring!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar