Minggu, 19 Juni 2011

Tidur aaaah....

Beberapa hari yang lalu, salah seorang teman saya bertanya, "gimana sih biar ga insomnia..?" sayapun balik bertanya, "emang kamu insomnia?" lalu dia menjawab, " iya sih beberapa hari terakhir ini semenjak ujian itu..."

Entah yg kebanyakan disebut orang sebagai insomnia ini beneran penyakit atau bukan yaa..? Bila Dalam kasus seperti teman saya tadi, menurut saya itu hanyalah sebuah hasil dari pikiran yang akhirnya mengendalikan kita karena kebiasaan tertentu saja. Pada saat menghadapi ujian, kita cenderung memaksakan diri kita untuk menahan kantuk supaya kita bisa begadang. seperti kita ketahui ujian tidak hanya membutuhkan 1 hari saja, bisa sampai berhari - hari. Nah, kejadian yang berulang-ulang itulah yang secara tidak kita sadari akan terekam dan terprogram di dalam pikiran bawah sadar kita, dan pada akhirnya merubah reaksi kita terhadap rasa kantuk. Setuju? :D 

Solusi yang bisa kita terapkan untuk mengatasinya sangat sederhana, dibalik saja pemikirannya! :D maksudnya kita perlu memprogram lagi pikiran bawah sadar kita, agar menciptakan "kebiasaan" baru bagi kita dan memperbaiki reaksi kita terhadap kantuk itu sendiri.. 

Pertama-tama ubah tanggapan kita, jangan lagi bersugesti "aku insomnia niiih", tapi bersugestilah "aku pengen tidur cepet aaah..." ulangi terus berpikir seperti itu dan biarkan pikiran bawah sadar kta yang akan merekamnya..:) 

Usahakan kalau siang, perbanyak aktifitas. Dalam keadaan lelah, pikiran kita akan semakin sulit untuk berpikir dan akan masuk ke dalam fase gelombang alpha yang akan memberikan kita ketenangan. Dalam penelitian, gelombang alpha inlah yang dipancarkan otak ketika kita tertidur.  :) 

Suasana yang nyaman pun sangat mendukung terciptanya tidur yang berkualitas. Jadi ciptakanlah suasana senyamanan mungkin di kamar tidur kita dengan menjaga kebersihannya, memutar lagu - lagu klasik, membakar lilin aroma terapi, dan lain- lain.. :) 

Sebagai penutup, berdoalah sebelum tidur..;)

Good night n have a nice dream..:)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar